Kamis, 22 Desember 2011

Pintu masuk setan ke dalam hati (dikutip dari buku Iblis Guruku / IG karya Moeslih Rosyid)


Sedangkan pintu masuk setan ke dalam benteng itu banyak sekali. Diantaranya adalah (1) marah dan syahwat (2) dengki dan rakus (3) kenyang sekalipun makanan itu halal (4) senang berhias dan mewah-mewahan dalam pakaian di rumah (5) sangat menginginkan barang milik orang lain (6) tergesa-gesa dan menunda menyelesaikan masalah (7) segala jenis kekayaan (8) kikir dan takut miskin (9) fanatisme bermahdzab, kesenangan hawa nafsu dan menyimpan dendam permusuhan, serta memandang orang lain dengan pandangan penghinaan dan meremehkan (10) berburuk sangka terhadap orang muslim (dikutip dari kitab mukasyafatul qulub)

            Rasulullah juga mengingatkan dalam sabdanya, Ala inna fil jasadi mudhghah, idza shaluhat shaluhal jasada kuluhum, wa idza fasadat, fasadal jasada kuluhum. Ala hiya al qalbu.” Ketahuilah, sesungguhnya di dalam jasad manusia itu ada segumpal daging. Bila daging itu baik, maka semuanya akan baik. Dan bila daging itu rusak atau busuk, maka semuanya akan rusak. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.

            Dalam hadits lain Rasulullah Saw bersabda, “sesuatu yang paling aku khawatirkan menimpa atas Anda ialah dua hal. Yaitu panjang angan-angan dan mengikuti hawa nafsu. Sesungguhnya panjang angan-angan itu akan melupakan akhirat. Dan mengikuti hawa nafsu itu akan menghalangi dari kebenaran.”

0 komentar: