Jumat, 30 Desember 2011

Kiamat Sebagai Batas Perang (dikutip dari buku Iblis Guruku / IG karya Moeslih Rosyid)


“Iblis menjawab, ‘beri tangguhlah aku sampai waktu mereka dibangkitkan. Allah berfirman, ‘sesungguhnya engkau termasuk mereka yang diberi tangguh,” (Qs Al-A’raf : 14-15)

            Dalam sebuah riwayat yang sampai buku ini saya tulis saya belum menemukan perawinya, dikatakan bahwa sebelum Kiamat terjadi Iblis akan mendatangi pusara Nabi Adam As. Disanalah katanya Iblis akan bersujud kepada Adam As. Lalu perang usai dan Kiamat akan terjadi. Karenanya, banyak yang berfikir, sebelum Iblis melakukan itu, tak mungkin Kiamat datang. Tetapi masalahnya, apa kita tahu bahwa Iblis sudah bersujud atau belum? hayoo..

            Untuk itu, marilah kita muliakan diri kita dengan mempersiapkan segala sesuatunya. Allah berpesan dalam Al-Qur’an seperti doa seorang muslim seperti ini, “Dan jangalah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan. Yaitu di hari harta dan anak laki-laki tidak berguna. Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (Qs Asy Syuro : 87-89)

    1. Nama lain Kiamat
            Kiamat adalah satu peristiwa yang sangat dahsyat, sehingga Allah memberikan banyak nama seperti sifat yang dimilikinya. Semua makhluk akhirnya dimusnahkan, termasuk Izrail harus mencabut nyawanya  sendir setelah tugas mencabut nyawa selesai.
           
            Inilah nama-nama hari kiamat tersebut. (1) Hari kejadian dahsyat (yaumus sa’ah). Hal ini terurai pada surah Ar Rum : 55, 12 dan 14. Juga Qs Ghafir : 46. (2) Hari ditiup sangkakala (yauman Nafkhah). Yang terurai pada Al Qur’an surah An-Naml : 87. (3) Hari Goncangan (Yaumal Zalzalah) Hal ini terura pada Qs Zalzalah: 1 dan Al Hajj : 1. (4) Hari Diguncangkan (yaumur Rajifah). Sebagaimana dilansir dalam Qs An Naziat : 6). (5) Hari berturut-turut (Yaumar Radifah). Sesuai dengan Qs An-Nazi’at : 7. (6) Hari tiupan sangkakala (yauman Naqur). Qs Al Mudatsir : 8. (7) Hari yang menggemparkan (yaumul Qari’ah). Qs Al-Qari’ah : 1-5. (8) hari kembali (yaumun Nusyur). Qs Al Baqarah : 259. (9) Hari keluar dari kebangkitan (yaumul Khuruj). Qs Al Ma’arij : 43 dan Qs Qaaf : 42). (10) Hari penghimpunan (yaumul Hasyr). Qs Al A’raf : 111), Qs Al Ahqaf : 6, Qs Qaaf : 44. (11) Hari menghadap (Yaumul ‘Aradh. Qs Al Haqah : 18, Qs Al kahfi : 48. (12) Hari Perpisahan (yaumut Tafaruq. Qs Ar-Rum : 14-16, Asy Syura : 7. (13) Hari kejutan (yaumul Faza’). Qs Al-Anbiya’ : 103. (14) Hari Penyesalan (yaumul Hasrah). Qs Maryam : 39.  (15) Hari Tipu Daya (yaumut Taghabun). Qs At-Taghabun : 9. (16) hari Abadi (Yaumul Khulud). Qs Qaaf : 34.  917) Hari Pengawasan (yaumul Mirshad). Qs Al-Fajr : 14. (18) Hari Seruan (Yaumut Tanad. Qs Ghafir : 32-33. (19)  Hari Berpisah (yaumul Firaq). Qs Qiyamah : 26-30.

            Sebenarnya masih banyak lagi nama lain dari Hari Kiamat yang tak terbayangkan seperti apa kejadiannya. Mungkin pembaca sempat menonton Film 2012 yang mengisahkan tentang hari Kiamat. Tetapi saya yakin akan lebih dari sekedar seperti itu. Tak bisa dibayangkan kejadiannya. Semoga kita  ditakdirkan untuk tidak menemuinya. Amin

    2. Ciri Kiamat
            Berbicara tentang Iblis tentu sangat terkait dengan  batas atau deadline pembuatan film kolosal Allah Swt. Yaitu suatu masa yang disebut dengan Kiamat tadi.

Rasulullah Saw bersabda : “Kiamat tidak akan terjadi sebelum kelihatan 10 macam tanda. Yaitu (1) Adukhan, asap atau kabut tebal yang menyelimuti dunia (2) Dajjal, bahaya besar yang belum pernah ada sejak Nabi Adam As (3) munculnya Dabbah, hewan mela ta di atas bumi (4) Matahari terbit dari Barat (5) turunnya Isa Al masih (6)  Ya’juj Ma’juj, dikeluarkan Allah dari penghalang yang dulu dibangun Dzul Qarnain (7) Gerhana Timur (8) Gerhana di barat (9) Gerhana di wilayah Arab (10) Api menyala di Yaman  menghalau umat manusia ke mahsyar.” (HR Imam Muslim melalui Hudzaifah bin Asidil Ghifari ra)

            Pembaca, hampir semuanya telah ada dari ciri tersebut. (1) Adhuhan, kebakaran hutan sangat sering terjadi. Sehingga dunia menjadi panik karena lapisan ozon telah bolong. (2) Dajjal yang dikiaskan dengan tindak angkara murka. Dia memiliki surga dan neraka. Surga bagi yang ikut dengannya, dan nereka bagi yang membangkang kepadanya. Ini sudah ada dimana-mana. (3) Hewan melata sudah banyak muncul di berbagai daerah dan belahan dunia ini. Mereka adalah yang menyerang tanaman dan nantinya juga akan memakan manusia.  (4) Matahari terbit dari barat, budaya sudah sejak lama dikuasai oleh Barat. Ini sudah bukan rahasia umum lagi, tetapi rahasia yang sangat umum. (5) Turunnya Isa Al Masih, tinggal menunggu waktu. (6) Ya’juj Ma’juj tinggal menunggu tidak ada orang yang memanggil orang shalat dengan adzan. Maka saat itulah terbongkarlah ikatannya. Dia akan lepas dan menguasai dunia. (7) dan seterusnya silakan pembaca menyusurinya di beberapa kitab atau browsing di internet. Sangat menakutkan dan sungguh sudah sangat dekat. Tidak percaya? silakan dijelajahi sendiri.

Ciri lain hari kiamat
a.   Teknologi dijunjung dan prostitusi terang-terangan
“Sesungguhnya tanda-tanda datangnya hari kiamat adalah dipuja-puja ilmu pengetahuan, tetapi kebodohan (agama) tetap merajalela, arak diminum, prostitusi terang-terangan, dan  jumlah wanita lebih banyak disbanding pria (Hadits)
b.   Harta dihalalkan
c.   Amanah terabaikan
d.   Zakat dibisniskan
e.   banyak orang belajar  tanpa agama
f.    Laki-laki patuh pada wanita
g.   banyak orang rurhaka dan mereka dihormati karena kejahatannya
h.   Jual  beli  tidak laku
i.    Jarang hujan
j.    Ghibah dan Riba merajalela
k.   Anak-anak berzina
l.    Syiar kemungkaran lebih besar
m.  Islam  hanya sebutan
n.   Al Qur’an  hanya dibaca
o.   Masjid   tidak  untuk berdzikir
p.   Ulama  menimbulkan fitnah
q.   Ilmu agama lenyap
r.    Sedekah  tidak berlaku
s.    Orang tua diperintah anaknya
t.    Budaya salam tidak laku
u.   Tidak memasalahkan uang halal atau haram
v.   Uang halal sulit dan saudara tidak bisa dipercaya, Dan ciri lain yang belum sempat kami uraikan disini.


    3. Tugas Iblis Selesai
            “Turunlah engkau dari surga itu, karena engkau tidak sepantasnya menyombongkan diri di dalamnya. Maka keluarlah, sebab sesungguhnya engkau termasuk orang-orang yang hina. Iblis menjawab, ‘Beri tangguhlah aku sampai waktu mereka dibangkitkan.’ Allah berfirman, ‘sesungguhnya engkau termasuk mereka yang diberi tangguh.’ Iblis menjawab,‘ Karena Engkau telah menghukum aku tersesat, maka aku benar-benar akan menghalang-halangi mereka dari jalan Engkau yang lurus.” (Qs Al A’raf : 13-16)

            Ketika datang Hari Kiamat yang banyak dibahas dalam Al-Qur’an surat Al Qiyamah, Al Qari’ah, Al Ghatsiyah, Al Waqiah dan beberapa surat lainnya, semua makhluk dimatikan oleh Allah. Malaikat pencabut nyawa akan sangat sibuk pada saat itu. Dan tragisnya, seperti diurai di depan, ia pun harus mencabut nyawanya sendiri. Luar biasa kekuasaan Allah yang sangat mutlak.

            Berdasarkan surat Al A’raf di atas, Iblis akan selesai melaksanakan tugasnya sebagai pemeran  antagonis yang sangat dibenci manusia. Yaitu ketika Hari Kiamat telah tiba. Selanjutnya masing-masing aktor dan aktris mulai mencicipi pembagian honor atas peran yang dilakoninya. Barangsiapa yang berhasil melaksanakan peran sesuai dengan naskah Allah dengan tulus dan penuh rasa syukur kepada-Nya, niscaya honor yang diterimanya akan sangat menyenangkan. Sebaliknya, bagi yang melenceng dari naskah, mereka tidak mendapatkan apa-apa kecuali murka Allah SWT. Selanjutnya sudah bisa dibayangkan dimana mereka akan ditempatkan.

            Kita tidak tahu dan tidak akan pernah tahu bagaimana perlakuan Allah terhadap Abu Thalib, paman Rasulullah Saw. Beliau sungguh luar biasa dalam membantu, menolong dan menjaga Rasulullah selama memperkenalkan dan menyebarkan Islam.  Jiwanya sering dijadikan taruhan serta jaminan atas keselamatan keponakannya. Dan Abu Thalib diklaim oleh sebagian besar umat Islam, masih musyrik.

            Padahal kalau Allah mau, sangat mudah untuk memberikan petunjuk kepada Abu Thalib yang sangat berjasa itu. Tetapi mengapa Allah tidak melakukannya? Ada apa dengan Allah? Nah, sama halnya dengan Iblis yang selama proses pembuatan film terus dibenci oleh umat yang lain. Dengan datangnya Hari Kiamat, selesailah sudah tugasnya. Dan hanya Allah Yang Maha Mengetahui yang benar-benar tahu. Bahwa di beberapa ayat dan hadits  dinyatakan Iblis masuk neraka dan disiksa, menurut saya itu adalah konsumsi awam. Insya Allah untuk kalangan khusus yang terpilih tidak seperti itu. Mohon maaf bila ada yang tidak berkenan. Ini asumsi saya berdasarkan logika-logika yang terpapar di buku ini. Iblis adalah mitra kita, sparing partner kita untuk menjadikan kita unggul dan the best product seperti yang diinginkan oleh Allah Swt.

            “Kuntum khairan ummtain ukhrijat linnas. Ta’muruna bil ma’ruf, wa tanhauna ‘anil munkari, wa tu’minuna billah,” Kalian adalah umat (product) terbaik Allah yang pernah dikeluarkan. Yang mengajak kebaikan, mencegah kemungkaran dan beriman kepada Allah.

0 komentar: