Selasa, 17 Januari 2012

Tips hidup sehat (dari buku MPIM karya Moeslih Rosyid)


Prinsip dasar dari pesan saya ini adalah tiga hal, yaitu dengarkan suara tubuh Anda, nikmati setiap sesi dari latihan, serta terus berlatih dan rutinkan. Olah raga apa saja, dengarkan suara tubuh kita. Mulai dari yang ringan, selanjutnya bisa sampai ke tataran yang paling berat. Step by step, latihan ditingkatkan dari hari ke hari. Kitalah yang paling tahu akan kemampuan tubuh kita, bila kita mau memperhatikan





Jadilah hewan              
Untuk menjaga kebugaran kita harus berfikir menjadi atlet. Jadi bukan saja atlet yang berprestasi, kita pun harus bisa hidup dengan sehat demi mengabdi kepada Allah lebih baik lagi. Kalau kita sakit-sakitan, jangankan membantu orang, mungkin kita malah merepotkan orang lain. Naudzubillah
               Ahli filsafat Herbert Spencer pernah menulis “jika Anda ingin sukses dalam kehidupan ini, terlebih dahulu Anda harus menjadi seorang ‘hewan’ yang baik”. Hewan setiap harinya berlari, melompat, memanjang, terbang, menggali dan seterusnya. Dan bila mereka melakukan itu maka kesehatanya akan terjaga sekaligus mendapatkan rejeki yang sudah dijamin oleh Allah SWT.
               Kita adalah salah satu hewan yang paling kuat, paling cepat di planet ini, dan tanpa diragukan yang paling cerdas. Intinya bila selama ini Anda menganggap bahwa olah raga itu tidak penting, mohon untuk segera insyaf dan seregalah memulai berolah raga. Apapun bentuk olah raga itu, yang penting mengeluarkan keringat dan jangan memaksakan diri.
               Mari kita meniru hewan, mereka selalu bergerak untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Mereka terus dan terus berusaha untuk mendapatkan rejeki dengan berbagai cara. Bergerak, bergerak dan bergerak. Bagi kita, tidak usah banyak bicara, action, action dan action. Karena dengan action seseorang bukan hanya mencari rejeki tetapi telah menjemputnya.



Membuang berat badan, menambah umur

               Dalam konsep kami ada istilah membangun otot, mengikis lemak. Sebaik-baik diet adalah dengan membakar kalori. Mengurangi porsi makan sampai menjadi tidak masuk akal pun cukup beresiko tinggi bagi kesehatan. Semakin umur bertambah kita cenderung menyimpan lemak lebih banyak dari pada yang dibakar. Sehingga lemak di paha dan perut  perlu dibakar dengan aktivitas olah raga. Perbanyak otot dan hilangkan lemak, kata para ahli.
               Jaringan otot  terus membakar kalori bahkan saat kita sedang tidur. Jadi setelah usai olah raga, pembakaran itu masih terus berlangsung meskipun kita sedang tidur. Semakin banyak otot terbentuk, semakin tinggi metabolisme dan semakin sehatlah kita. Ingat satu pesan, ‘membuang berat badan manambah umur’ yaitu dengan membakar lemaknya.
               Makin berumur, kita makin sering mengalami penyakit tulang (arthritis). Semua orang mengalami osteoarthritis, dalam derajat yang ringan maupun berat. Disana kemudian mudah terjadi kerusakan pada sendi dan hilangnya elastisitas dan fleksibilitas pada tubuh kita. Latihan membantu meminimalkan arthritis dengan membangun otot di sekeliling tiap sendi, mendukung sendi dan menampung sebagian besar strain (desakan atau ketegangan) dan stress.
               Peregangan adalah komponen penting dari latihan karena mempertahankan kelenturan tendon dan ligamentum, dan menghindari kekakuan sendi. So semakin dini kita mulai berlatih olah raga semakin baik.
               Prinsip dasar dari pesan saya ini adalah tiga hal, yaitu dengarkan suara tubuh Anda, nikmati setiap sesi dari latihan, serta terus berlatih dan rutinkan. Olah raga apa saja, dengarkan suara tubuh kita. Mulai dari yang ringan, selanjutnya bisa sampai ke tataran yang paling berat. Step by step, latihan ditingkatkan dari hari ke hari. Kitalah yang paling tahu akan kemampuan tubuh kita, bila kita mau memperhatikan.
               Selanjutnya nikmatilah setiap sesi dari latihan. Karena dengan pola pikir itu, selain badan sehat, pikiran pun lebih segar. Dan yang tak kalah penting adalah merutinkan atau beristiqamah. Jangan sampai berhenti di tengah jalan, karena bila ini terjadi lemak akan makin cepat terkumpul.
Melalui keringat akan keluar oksidan dan kotoran dalam tubuh. Untuk keluarnya keringat itu harus kita ganti dengan ion-ion dan asupan gizi yang cukup. Semakin berat kita berolah raga, semakin dibutuhkan asupan gizi dan mineral serta ion yang lebih tinggi.

              
Jaga WHR (Waist to Hip Ratio)



Untuk menguji kestabilan tubuh kita, ada  istilah rasio pinggang terhadap panggul. Caranya ukurlah pinggang Anda di ketinggian pusar dan pinggul Anda di tulang pinggul. Bagi hasil pengukuran perut dengan pinggul disebut Waist to Hip Ratio (WHR). Bagi wanita WHR harus 0,8 atau kurang, dan pria harus 1,0 atau kurang. Jadi ukuran pinggang harus lebih kecil daripada ukuran pinggul. Atau kalau pria minimal sama. Jika angka yang diperoleh lebih tinggi Anda harus membuang lemak meski tidak over weight (kelebihan berat badan). Caranya dengan oleh raga yang membakar kalori dan lemak. Yang step by step dan rutin tadi, tanpa memaksakan kemampuan fisik.
               Terus menjaga WHR ini sangat penting untuk menghindari terjadi kelebihan berat badan. Bila Anda sudah terlanjur memiliki kelebihan berat badan, maka membakarnya dengan olah raga damai dengan tubuh (dengan mendengar suara tubuh) adalah yang terbaik. Namun dari waktu ke waktu selain rutin harus dibuat tren meningkat.
               Sebaik-baik olah raga adalah olah raga yang kita senangi. Dan sebaik-baik olah raga adalah olah raga yang tidak menyiksa diri, tetapi juga bukan yang statis. Untuk itu bila kita benar-benar ingin berhasil, harus memiliki kartu pengawasan. Bukan saja WHR yang diukur tadi, tetapi juga berat badan (BB) ideal yang harus kita awasi. Semuanya dibuatkan suatu catatan perkembangannya. Saya yakin pembaca sudah tahu bahwa BB ideal adalah tinggi badan minus 110 Cm.  Jadi bila tinggi badan kita 170, idealnya BB kita adalah 60 Kg, yaitu 170-110 = 60.

Latihan menghilangkan stress



Untuk relaksasi demi menghilangkan stress ada tujuh langkah :
1.            Temukan tempat yang tenang tanpa gangguan dari luar, kendurkan pakaian, duduklah dengan nyaman dikursi atau berbaring di sofa dan berikan waktu 15 sampai 20 menit. Seiring dengan prose situ, laksanakan pula zero action. zero action ini dijelaskan secara khusus pada bab bonus pada bagian pengobatan penyakit.
2.            Mulailah dengan pernafasan dengan diafragma. Tarik perlahan-lahan melalui hidung sampai 8 hitungan, tempatkan nafas di perut sehingga bagian bawah paru-paru dapat menarik udara. Tahan nafas bila perlu masukkan bacaan alfatehah sekali, dua atau bila mampu sampai tujuh kali. Setelah itu lepaskan nafas perlahan-lahan melalui mulut. Ulangi dan ulangi dengan catatan harus step by step dan tidak boleh memaksakan diri. Bila mampu hanya empat detik tidak masalah. Laksanakan…!!
3.            Tengokkan  otot wajah dan kepala ke kanan dan ke kiri, tahan sampai hitungan empat, kemudian kendurkan. Rasakan ketegangan mulai menghilang.
4.            Tegangkan otot leher ke depan, belakang, dan samping. Tahan ketegangan itu sampai hitungan empat, kemudian kendurkan perlahan. Rasakan ketegangan menghilang.
5.            Tegangkan otot bahu, tahan sampai hitungan empat, kemudian kendorkan. Ketegangan menguap.
6.            Tegangkan otot lengan, kemudian tangan, sekali lagi sampai hitungan empat, kendurkan, dan rasakan stress hilang. Lakukan hal yang sama untuk bagian tubuh lainnya, dari atas ke bawah- dada, perut, panggul, bokong, paha, betis dan kaki.
7.            Setelah melepaskan ketegangan dari kaki, semua stress yang menumpuk akan hilang dari kaki. Anda akan benar-benar relaks. Tetaplah duduk atau berbaring selama beberapa menit lagi dan rasakan relaksasi yang sempurna.

Perbanyak mengkonsumsi Selenium


               Sebuah penelitian yang dilakukan selama 13 tahun terhadap 1312 penderita kanker di Arizona University, Amerika Serikat, para pasien yang setiap hari diberi 200 mg Selenium, dapat menekan angka kematian hingga mencapai 50%. Seleniun adalah pembunuh kanker yang sangat jitu. Bahkan berbagai khasiat Selenium yang sedemikian luar biasa sehingga orang memberikan julukan khusus untuk selenium. “Selenium adalah sebutir mutiara di mahkota unsur mikro elemen, pelindung hati yang menakjubkan, dan penambah panjang umur jantung”, katanya.
               Berbagai kehebatan selenium antara lain (1) sebagai pelindung daya tahan tubuh manusia (2) pelindung jantung (3) pelawan penyakit kencing manis (4) musuh utama penyakit liver (5) pembersih jalan bagi penderita penyakit lambung dan saluran pencernaan (6) melancarkan saluran pernafasan (7) pencemerlang mata (8) Raja pelawan kanker (9) penembak mahir AIDS (10) pencegah hyperplasia prostate (11) memperkuat fungsi reproduksi (12) Bersama Vitamin E menangkap dan membuang radikal bebas (kotoran dalam tubuh) dan banyak lagi manfaat yang lain.
               Setelah mengetahui kesaktian dari selenium, tentu kita pun ingin mengetahui, mahkluk seperti apakah selenium yang nama unsur kimianya Se ini. Sumber dari selenium adalah  Jamur, bawang putih, kubis, wortel, lobak, brokoli, seledri, dan mentimun. Kandungan selenium juga ada di dalam kerang, ikan, daging hewan dan daging unggas. Tentu mengkonsumsinya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan fisik dan tidak boleh sembarangan mengkonsumsi.
               Bila pembaca bingung dengan komposisi dalam konsumsi selenium seperti pada jenis-jenis makanan di atas, bisa menggunakan suplemen selenium.  Suplemen ini  banyak dijual di took-toko obat dan apotek. Namun harus dipastikan selenium itu terikat dengan ragi. Dan hal itu tertulis dalam label suplemen atau makanan tambahan itu.
                        Pembaca, belajar tentang hidup sehat hanya tiga kunci sebagaimana yang sering saya tawarkan. (1) Terus berfikir positif dengan zero action; (2) makan bergizi, berolah raga cukup, istirahat cukup ; (3) dan menikmati setiap momen yang kita lalui dari detik  per detik. Tentu harus pula diiringi rasa syukur yang tinggi kepada Tuhan Yang Mahakuasa

0 komentar: