Minggu, 15 Januari 2012

Asal penyakit (dari buku MPIM karya Moeslih Rosyid)

Allah dalam hadits Nabi SAW menegaskan bahwa ketika Allah menurunkan penyakit sekaligus menyertakan obatnya. Ma anzala allahu azza wa jala min daain illa anzala ma’ahu syifa, Allah Azza wa jala tidak menurunkan penyakit kecuali menyertakan juga obatnya. Jadi sebenarnya kita tak perlu takut ketika penyakit menyapa.

Penyakit seperti yang kita ketahui ada dua macam, yaitu penyakit hati dan penyakit jasmani. Penyakit hati pada dasarnya hanya ada dua, yaitu syubhat (ragu-ragu) yang akan melahirkan keresahan, ketakutan, iri, dengki, dendam, malas dan perbuatan tercela lainnya dan syahwat. Syahwat sebagaimana kita pahami telah membawa manusia pada kondisi munculnya berbagai penyakit fisik yang disebabkan oleh syahwat. Siphylis, raja singa, sakit mata, migraine dan kerusakan otak karena kecanduan pronografi, dan yang masih belum ditemukan obatnya adalah AIDS.

Penyakit jasmani pun sebenarnya juga hanya ada dua macam, yaitu penyakit yang datangnya dari dalam diri sendiri. Yang ini sebenarnya lebih banyak berasal dari penyakit hati tadi, dan dari luar. Penyakit dari dalam selain karena kekurangan iman juga disebabkan oleh tiga kekurangan. (1) Kurang tidur/istirahat, (2) kurang asupan makanan bergizi dan (3) kurang gerak atau olah raga. Sedangkan dari luar bisa berasal dari wabah, virus, luka akibat benturan dan juga sakit akibat perbuatan jin melalui santet.

0 komentar: