Selasa, 17 Januari 2012

Mukjizat Puasa (dari buku Mengobati Penyakit Itu Mudah / MPIM karya Moeslih Rosyid)


Mark Fadon, seorang pakar kesehatan Amerika , juga mengatakan bahwa setiap orang perlu melakukan puasa , sekalipun dia tidak sakit. Hal ini karena toksin-toksin makanan yang bertumpuk didalam tubuh menjadikannya seperti orang sakit, memberatinya dan menurunkan kebugarannya. Dengan puasa , berat badannnya akan berkurang dan toksin-toksin itu akan larut dan dibersihkan dari tubuhnya dengan sempurna. Puasa juga membantunya dalam proses regenerasi dan revitalisasi sel-sel tubuh. Ia akan merasakan kekuatan dan kebugaran yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.
Logika bahwa puasa itu sehat



Dalam pandangan medis , puasa dapat mencegah masuknya bahan makanan yang mengandung oksidant atau sampah ke dalam tubuh selama beberapa jam atau beberapa hari. Seseorang mampu hidup selama empat puluh hari hanya dengan mengkonsumsi air. Dr. ‘Abdul  Jawwad Ash-Showi ,peneliti pada Hai’atul I’jazil ‘Ilmi fil Qur’an was Sunnah  ( Lembaga Pengajian Mukjizat Ilmiah dalam Al Qur’an dan As- Sunnah ), menyebutkan bahwa aktivitas dan gerakan selama puasa akan memasok glukosa bagi tubuh. Glukosa ini dibuat atau disimpan dalam liver , di man dia merupakan nutrisi otak yang paling ideal. Ia juga digunakan untuk produksi sel darah merah , pembentukan tulang , jaringan saraf dan otot , serta menjadikannya memiliki kemampuan yang lebih baik.
Gerakan dan aktivitas selama puasa juga membantu terjadinya suplai tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Suplai tenaga digunakan dalam seluruh proses hidupnya serta memberikan kontribusi sangat efektif dalam proses pembersihan racun dan asam berbahaya yang disimpan didalam tubuh. Sebaliknya , kemalasan dan banyak tidur ketika puasa akan menyebabkan timbulnya efek-efek negatif , seperti kerusakan jam biologis , bertambahnya cadangan energi berbahaya , dan penurunan proses pencernaan.
Islam menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan tertentu ketika berbuka , seperti kurma, susu, dan air. Karena makanan –makanan tersebut memiliki kandungan gizi , disamping memilki keistimewaan mudah dicerna. Selain itu jenis makanan tersebut cepat diserap, untuk menggantikan unsur-unsur gizi yang hilang dari tubuh, dan menyuplai tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh.  So, tubuh bisa kembali fit dan segar.


Masuk islam karena puasa

Seorang ahli gizi Amerika yang kemudian menyatakan keislamannya adalah Andrea. Dia telah melakukan beberapa uji coba yang menghasilkan kesimpulan bahwa puasa bisa melakukan regenerasi 10 % sel tubuh pada sepuluh hari pertama puasa Ramadhan. Pada sepuluh hari kedua melakukan regenerasi 66 % sel tubuh. Sedangkan sepuluh hari terakhir tubuh telah berhasil melakukan regenerasi seluruh sel.
Ia juga mendapat kesimpulan bahwa tingkat kecerdasan dan kemampuan konsentrasi seorang bertambah selama siang bulan Ramadhan dan ketika sedang menjalankan puasa. Ia juga menegaskan bahwa imunitas atau daya tahan tubuh meningkat sepuluh kali lipat dari sebelumnya di sebabkan oleh puasa. Andre pun berhasil mengungkap fakta bahwa puasa membantu menghimpun mineral-mineral sodium di dalam organ ginjal . Mineral-mineral ini berperan membantu meluruhkan batu ginjal.
Mempelajari cara berpuasa, lalu Andrea menekankan pentingnya mengikuti petunjuk Nabi dalam menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur. Ia menyatakan bahwa tubuh orang yang berpuasa mengandalkan glikogen yang dicadangkan oleh hepar sebagai bahan baku untuk memperoleh kalori. Glikogen tersebut akan berubah menjadi glukosa lantas mengatur kadar gula dalam darah. Sebab , otak tidak bisa menyerap nutrisi kecuali dibarengi dengan gula . Karena itu , pada saat kadar gula dalam tubuh berkurang , maka hepar memberikan suplai gula kepadanya. Apabila cadangan gula habis , maka unsur –unsur lamak di dalam tubuh akan diurai menjadi kalori. Selama proses penguraian ini, terbentuklah sejumlah materi berbahaya yang bisa menyebabkan otak kehilangan kesadaran . Maka menyegerakan berbuka bisa menghindarkan seseorang dari hilangnya kesadaran otak .
Manfaat lain puasa katanya, berdasarkan fakta yang ditemukannya bahwa puasa mengurangi sekresi hormon testosteron dan hormon estrogen hingga tinggal sepersepuluhnya saja. Itulah yang membantu seseorang dalam mengendalikan nafsu seksnya. Karenanya Rasulullah SAW memberikan nasehat kepada pemuda yang belum mampu menikah untuk berpuasa. Ia juga menegaskan bahwa puasa juga membantu para wanita yang mengalami inbalance hormon ( ketidakseimbangan hormon ). Biasanya ini terjadi dalam proses kehamilan , sebagaimana juga membantu menyembuhkan kelemahan seksual dan meningkatkan kesuburan kaum pria. Dari semua bukti yang telah dipaparkannya tadi, maka Andre bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah. Beliau telah menjadi seorang muslim, Subhanallah.






Ungkapan para pakar tentang 
puasa itu sehat

Profesor Nicolaf Bilwy , seorang pakar medis dari Rusia dalam bukunya “Lapar Untuk Sehat” yang terbit pada tahun 1976 M ,menyatakan bahwa setiap orang , khususnya penduduk kota besar , harus melakukan puasa dengan menghindari makan selama 3- 4 minggu dalam setiap tahun, agar bisa menikmati kesehatan yang baik sepanjang hidupnya.

Mark Fadon, seorang pakar kesehatan Amerika , juga mengatakan bahwa setiap orang perlu melakukan puasa , sekalipun dia tidak sakit. Hal ini karena toksin-toksin makanan yang bertumpuk didalam tubuh menjadikannya seperti orang sakit, memberatinya dan menurunkan kebugarannya. Dengan puasa , berat badannnya akan berkurang dan toksin-toksin itu akan larut dan dibersihkan dari tubuhnya dengan sempurna. Puasa juga membantunya dalam proses regenerasi dan revitalisasi sel-sel tubuh. Ia akan merasakan kekuatan dan kebugaran yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Alexus Carel, seorang peraih hadiah nobel di bidang kedokteran , mengatakan dalam bukunya yang berjudul “Manusia Makhluk Misterius” terlalu banyak mengkonsumsi makanan bisa menghilangkan sebuah fungsi penting yang memilki peranan besar dalam menjaga kelestarian makhluk hidup di permukaan bumi. Yaitu fungsi adaptasi dengan sedikit makanan. Karena itulah , sejak dahulu hingga sekarang manusia menjalankan puasa.
Seluruh agama juga mengajarkan kewajiban puasa  dan menahan diri dari makanan dalam jangka waktu tetentu.  Ketika pertama kali dijalani ia akan menimbulkan perasaan lapar , kadang –kadang juga menimbulkan getaran saraf , kemudian diikuti dengan perasaan lemah. Namun disamping itu, ia juga menimbulkan gejala-gejala lain yang tersembunyi yang bernilai sangat penting. Hal inidisebabkan pada saat itu pula cadangan gula yang ada di hepar akan bergerak dibarengi dengan bergeraknya sebagian lemak yang disimpan di bawah jaringan kulit. Dari situ , seluruh organ tubuh akan mengorbankan cadangan yang ada padanya dalam rangka menjaga keseimbangan internal yang sempurna dan kesehatan jantung.
Puasa juga membantu membersihkan jaringan –jaringan di dalam tubuh manusia dari toksin-toksin dan lemak-lemak yang menumpuk didalamnya. Seseorang yang berusia panjang ditanya tentang rahasia kesehatan dan kebugarannya, maka ia menjawab , “Penyebabnya adalah karena saya biasa menjalankan puasa”.

Dr. Muhamad Sa’id As-Suyuti  mengatakan bahwa puasa membantu untuk mencegah penumpukan zat-zat toksin yang berbahaya di dalam tubuh,seperti uric acid (asam urat, asam urine) ,frosfat, amonia, serta berbagai jenis asam dan mineral berbahaya. Ia juga menjaga tubuh dari penyakit encok ( gout ) artritis ( radang sendi ) serta mencegah terbentuknya batu ginjal.

Dr. Ibrohim Rowi mengatakan bahwa puasa akan mendongkrakk aktivitas sel-sel otak yang akan meningkatkan kinerjanya disebabkan oleh berhentinya aktivitas organ pencernaan. Selanjutnya darah mengalir deras ke jaringan otak untuk menyuplai nutrisi terbaik kepada serat-seratnya , agar bisa bekerja. Inilah penjelasan tepat mengenai rahasia kebiasaan puasa pada orang-orang yang memiliki otak cerdas, guna mengoptimalkan kemampuan otak dan akal mereka.

Dr. Eufrat Lomes , mengatakan , “Puasa merupakan metode paling tua di dunia yang digunakan untuk proses pemulihan dan penyembuhan natural. Memang benar, puasa akan memulai proses pembersihan tubuh yang menakjubkan. Yaitu  mencapai seluruh sel dan jaringan tubuh selama jangka waktu puasa , dimana enzim-enzim tidak lagi terkonsentrasi dilambung melainkan diusus sehingga enzim-enzim tersebut bisa mencapai pembuluh darah. Otomatis sekaligus membersihkan tubuh dari racun-racun dan sisa –sisa kotoran yang tertumpuk di dalam tubuh akibat sisa –sisa proses oksidasi dan pembakaran , serta dari sel-sel mati. Disamping itu, seluruh organ tubuh dan kelenjar yang tersebar di tubuh akan mendapat istirahat panjang. Dalam jangka istirahat itu terjadi proses pembersihan , rekonstruksi sel dan perbaikan sistem kerjanya.

Dr. Patricia Paroki mengatakan , Puasa telah terbukti manfaatnnya secara intelektual, fisik maupun spritual. Ia mengatakan proses pembersihan tubuh dari berbagai jenis  toksin , membantu proses pemulihan , membantu menyeimbangkan kelebihan berat badan, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta menigkatkan imunitas tubuh. Apabila kita ingin terbebas dari berbagai toksin yang menumpuk di dalam tubuh kita harus berpuasa. Melalui puasa kita juga telah memberikan istirahat fisiologis bagi tubuh kita, yang akan membangun kekuatan yang sangat penting. Pembaca tahu?, semakin tinggi kekuatan itu semakin tinggi pula tingkat keterbebasan kita dari toksin, dan kita akan menikmati kehidupan kita yang sehat.

Dr. Herbart Shilton mengatakan bahwa penggunaan puasa sebagai terapi sudah terjadi sejak lama. Tabib legendaris Arab, Ibnu Sina , juga telah menggunakan puasa sebagai terapi bagi pasien-pasiennya.  Ia memberikan resep puasa kepada mereka selama tiga minggu atau lebh.

Dr. Joseph Rodrigue mengatakan , “Semua penyakit bermula dari sistem pencernaan. Jika anda menginginkan kesehatan , namun anda tidak kunjung menemukan jawaban untuk kesembuhan dan kesehatan anda. Ia merupakan sumber penyakit Anda, seekaligus akan menjadi sumber pemulihan dan kesembuhan Anda.

Dr. Leony Brown, mengatakan dalam artikelnya dengan judul “Melihat Lebih Jauh tentang Puasa Preventif” , “Meskipun saat ini jawaban populer yang dilontarkan ketika sakit adalah “lakukan terapi” , namun saya menganjurkan kepada anda untuk mengambil jalan sebaliknya.  Puasa preventif adalah kisah sukses untuk mendapatkan pemulihan dan kesembuhan . Puasa akan memacu perubahan-perubahan metabolik kimiawi, dalam tubuh, yang pada umumnya memeliki efek penyembuhan dan pembersihan.
Organ –organ amanusia ketika dikosongkan , akan beristirahat , menjaga kekuatan , serta memacu proses pembersihan zat-zat berbahaya dan kotoran kotoran dalam tubuh. Selain itu juga mengaktifkan proses rekonstruksi sel secara lebih optimal . Puasa merupakan tekik terapi paling tua yang dikenal oleh bangsa manusia. Banyak peradaban dan bangsa yang menggunakan puasa sebagai sarana terapi preventif yang bisa diandalkan. 
Perhimpunan-perhimpunan yang mendukung terapi puasa telah , mengemukakan beribu-ribu testimoni   dari orang –orang yang telah berhasil memperoleh kesembuhan dengan puasa. Penyakit asma, alergi, artritis, , migrain, berbagai penyakit kulit dan sistem pencernaan, serta kehilangan nafsu makan sembuh dengan terapi puasa. Dalam testemoni tersebut, mereka mengaku bahwa puasa selalu menjadi solusi pertama bagi penyakit mereka.

Leon Chito , pakar pengobatan tradisional dari Inggris mengatakan “ Efek samping yang paling berat dirasakan oleh orang yang sedang berpuasa hanyalah perubahan warna lidah, pusing dan perubahan bau mulut. Namun hasil yang diperoleh benar-benar luar biasa , diantaranya penguatan sistem kekebalan secara signifikan dan nyata.


Kesimpulan ilmuan Barat tentang 
mukjizat puasa


Sejumlah ilmuan barat telah menyimpulkan beberapa manfaat dan mukjizat puasa berdasarkan berbagai penelitian ilmiah yang mereka lakukan. Diantaranya adalah Shilton dalam bukunya “Puasa” , Lawtzener dalam bukunya “Kembali Hidup Sehat Dengan Puasa” , dan Dowey dalam bukunya “Puasa Yang Menyembuhkan” . Diantaranya adalah pernyataan –pernyataan berikut ini  :

~  Puasa merupakan relaksasi bagi tubuh yang bisa memberikan kesempatan kepada tubuh untuk memperbaiki saraf-saraf yang rusak dan merevitalisasi diri.

~  Puasa menghentikan penyerapan zat-zat yang tersisa diusus lantas mengupayakan pembuangannya, di mana keberadaannya di dalam usus dalam jangka waktu yang lama bisa mengubahnya menjadi endapan-endapan toksin yang berbahaya bagi tubuh.

~ Puasa adalah satu-satunya sarana efektif untuk mengelurkan toksin yang menumpuk di tubuh yang masuk ke dalam tubuh melalui kondisi lingkungan yang polutif.

~  Berkat puasa , organ–organ pembuangan memulihkan dan meningkatkan fungsinya dalam membersihkan tubuh , satu hal yang akan menghasilkan terkendalinya stabilitas energi di dalam darah dan cairan tubuh. Itulah yang menjelaskan mengapa ada konsensus medis mengenai pentingnya pelaksanaan pemeriksaan dan analisa medis sesudah puasa.

~  Puasa membantu tubuh dalam melepaskan zat-zat berlebihan dan endapan–endapan berbahaya di dalam jaringan yang ada di dalam tubuh penderita sakit.

~  Puasa mengembalikan kemudaan serta kebugaran sel-sel dan jaringan –jaringan di dalam tubuh.

~  Puasa memperbaiki fungsi-fungsi sistem pencernaan , pernapasan , dan peredaran darah.

~  Puasa adalah terapi yang manjur bagi berbagai penyakit kejiwaan ,organ , dan penyakit sosial.

~  Puasa membuka sumbatan otak dan meningkatkan kecerdasan .

~  Puasa memiliki pengaruh positif yang penting bagi seluruh tubuh , dalam maupun luar.

~ Puasa memberikan tambahan tenaga dan energi bagi tubuh yang di perlukan untuk proses pencernaan, serta menyimpannya untuk aktivitas-aktivitas lain yang lebih penting dan lebih mempunyai prioritas , misalnya memerangi  penyakit dan memperbaiki luka.

~  Puasa memilki pengaruh menakjubkan terhadap jiwa manusia dan kesehatan fisik . Manfaat-manfaat kejiwaan yang diperoleh orang yang berpuasa memilki peran positif dalam memperbaiki berjalannya fungsi-fungsi organ di seluruh sistem yang ada di dalam tubuh. Hal ini di karenakan adanya keterkaitan yang kuat antara kondisi kejiwaan dan kesehatan badan.

~  Puasa melatih kesabaran, menguatkan tekad dan membentuk jiwa perwira.

~  Puasa meningkatkan keikhlasan , menambah kekuatan dan menjauhkan dari bebagai perbuatan keji.

~  Puasa mengendalikan nafsu seks, mencegahnya menguasai tubuh dan menguatkan kemauan .

~  Puasa meningkatkan kepekaan sosial , meningkatkan ikatan-ikatan keakraban dan solidaritas sosial.

~  Puasa adalah wahana pendidikan akhlak mulia.

~  Puasa merupakan olahraga bagi fisik, pembersihan bagi jiwa, perisai bagi manusia dan benteng bagi masyarakat.

0 komentar: