Senin, 28 Mei 2012

Harus Sehat, Bebersih Diri Kesebelas (Dari Buku Menjadi 24 Karat Karya Moeslih Rosyid)


k. Sia-sia kaya jika tidak sehat

Men sana in cor fore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Saya setuju dengan ini. Kita tidak perlu dulu merasa menjadi waliyullah meskipun syarat untuk menjadinya hanya berupa istinjak awal. Istinjak awal ternyata lumayan susah untuk bisa kita laksanakan secara total. Kita sangat terganggu dengan rutinitas kita berupa kerja, menyayangi anak, istri dan berbagai hal penghambatnya. Maka mulai membersihkan diri secara fisik adalah hal yang cukup penting untuk sukses.

Mari kita coba membuat sedikit saja penelitian. Mulai hari ini atau besok, coba Anda jangan bersikat gigi selama seminggu saja. Atau tidak mandi selama lima hari saja. Apa yang akan rasakan? Pikiran Anda pasti akan sumpek (kacau : Jawa) dan tidak bisa berkonsentrasi. So, membersihkan jasmani adalah hal yang sangat penting karena kita hidup di masyarakat sosial yang terbiasa dengan kebersihan. Kecuali Anda ingin tinggal di komunitas orang yang tidak pernah sikat gigi atau mandi. Mungkin Anda akan kerasan berada di sana. Tetapi saya yakin bahwa komunitas seperti itu pikirannya juga tidak cling dan kesehatannya tidak terjaga. Kecuali Anda telah berhasil belajar kepada orang gila yang sudah tidak menggunakan akalnya untuk hidup.

Ada tiga syarat untuk sehat sebagai penyermpurna kita setelah bersih badan kita. Yaitu dengan tiga cukup. Cukup nutrisi, cukup istirahat dan cukup gerak untuk melancarkan darah. Selamat bersehat ria dan mendapatkan apa yang diinginkan dan dicita-citakan.

****

0 komentar: